Gejala Asam Urat

Ciri khas dari asam urat adalah muncul secara tiba-tiba, nyeri seperti terbakar, bengkak kemerahan, hangat dan terasa kaku pada sendi yang diserang. Pada umumnya, gejala tersebut terjadi di ibu jari kaki, tapi bisa terjadi dimana saja. Pria maupun wanita yang berisiko asam urat memiliki lokasi serangan yang sama. Ada 2 hal yang menyebabkan nyerinya sangat tidak tertahan. Pertama, karena adanya kristal MSUM ( Monosodium urat monohidrat ) dalam sendi yang mengerakkan sendi sehingga otot terasa seperti sobek. Kedua, radang yang terjadi pada jaringan disekitarnya, menyebabkan gesekan tipis dari selimut bisa menimbulkan nyeri yang luar biasa. MSUM adalah garam asam urat yang dapat mengendap berbentuk kristal urat.

Demam yang tidak terlalu tinggi bisa ikut muncul. Umumnya, demam terjadi pada malam hari setelah sebelumnya penderita mengkonsumsi makanan yang berpurin tinggi. Sekitar 75 % serangan pertama dari asam urat, umumnya menyerang sendi pada pangkal ibu jari kaki. Asam urat bisa saja menyerang sendi lain, seperti mata kaki, tumit, lutut, pergelangan tangan, siku, jemari, dan tulang belakang. Ini disebabkan adanya luka kecil di sendi. Meskipun mudah sembuh, luka-luka kecil ini menjadikan aliran darah terganggu. Pada orang yang sehat, hal ini tidak membawa dampak apapun. Namun, pada penderita asam urat, sendi ini tiba-tiba tidak dapat digerakkan pada saat serangan.

Jika mengalami hiperurisemia dalam waktu yang lama, seseorang bisa memiliki benjolan kecil berwarna putih yang berisi asam urat. Benjolan ini disebut tofus. Benjolan ini bisa terdapat di mana saja, misalnya di daun telinga, jemari, atau bahkan kelopak mata.

Podagra adalah benjolan yang biasa dialami oleh penderita gout sekarang. podagra ditandai dengan bengak, kemerahan, nyeri dan terasa hangat bila diraba.

Pada beberapa kasus pernah dilaporkan bahwa podagra yang memerah terkontaminasi bakteri. Bisa terdapat nanah di tempat tersebut. Tofus memang mirip dengan bisul tapi sangat berbeda. Benjolan itu kristal urat yang menumpuk di persendian. Bila terkontaminasi bekteri maka banyak sel-sel darah putih yang datang ke daerah tersebut. Sel-sel darah putih itu memakan kristal urat sehingga timbul reaksi radang yang ditandai dengan bengkak kemerahan dan teraba hangat. Benjolan tersebut juga bisa mengandung nanah karena banyaknya sel-sel darah putih yang mati.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Gejala Asam Urat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>